Saturday, May 26, 2018

10 Kota Dengan Jumlah Penduduk | Populasi Terbanyak di Indonesia

Indonesia adalah negara terbesar sekaligus terluas di Asia Tenggara, bahkan Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Selain itu Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia dan negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor 4 di dunia, tidak heran jumlah penduduk Indonesia mencapai peringkat seperti itu sebab jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 270.054.853 jiwa, hampir setengah dari total jumlah penduduk Asia Tenggara.

Kalian pasti penasaran dengan jumlah penduduk sebanyak itu, kira-kira daerah apa saja yang paling banyak jumlah penduduknya di Indonesia. Seperti kita tahu, daerah yang dihuni oleh banyak orang itu disebut kota. Nah disini saya akan memaparkan 10 kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia berdasarkan data dari Kemendagri tahun 2015.


10. Palembang (1.548.064 Penduduk)

Palembang merupakan Kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera nya, dan juga merupakan Kota yang paling sering menjalankan event internasional setelah Jakarta, sebab di Kota ini telah memiliki fasilitas olahraga yang memadai untuk manjalankan event tersebut, selain itu di Kota ini juga akan dibangun sirkuit Moto GP dan sirkuit F1, maka dari itu saat ini tengah dibangun proyek LRT. Palembang memiliki luas wilayah sebesar 358.55 km. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk seperti itu, diprediksi tahun 2030 nanti Palembang akan memiliki jumlah penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa.



9. Tangerang (1.566.190 Penduduk)


Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten, Kota ini termasuk ke dalam wilayah metropolitan terbesar di Indonesia, yaitu wilayah metropolitan Jabodetabek. Tangerang lebih dikenal sebagai pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa karena Kota ini memiliki lebih dari 1000 pabrik. Kota ini memiliki luas wilayah sebesar 164,54 km.


8. Semarang (1.621.384 Penduduk) 


Semarang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah juga merupakan salah satu kota yang termasuk kedalam wilayah metropolitan terbesar kelima di Indonesia yaitu wilayah metropolitan Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Salatiga, Semarang dan Purwodadi). Kota Semarang memiliki luas sebesar 373,67 km.


7. Depok (1.631.951 Penduduk)


Depok merupakan salah satu kota yang termasuk kedalam wilayah metropolitan Jabodetabek. Dahulu Depok hanya merupakan Kota Kecamatan di Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk kurang lebih 240 ribu jiwa, namun setelah Depok menjadi Kotamadya, jumlah penduduknya meningkat drastis kurang lebih 1,2 juta jiwa dan saat ini jumlah penduduk Kota Depok telah mencapai lebih dari 1,6 juta jiwa. Depok memiliki luas sebesar 200,29 km.


6. Makassar (1.651.146 Penduduk)


Makassar merupakan kota terbesar di Indonesia bagian timur. Sekaligus kota yang termasuk kedalam wilayah terbesar di Indonesia bagian timur, yaitu wilayah metropolitan Mamminasata (Makassar, Maros, Gowa dan Takalar). Kota ini terkenal memiliki banyak suku bangsa antara lain Suku Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, Tionghoa, dll. Dari segi infrastruktur, Makassar merupakan kota terbesar kedua di Luar Pulau Jawa setelah Medan. Kota Makassar memiliki luas wilayah sebesar 199,26 km.


5. Bandung (2.339.463 Penduduk)


Bandung merupakan kota terbesar di Pulau Jawa bagian selatan. Bandung masuk ke dalam wilayah metropolitan Bandung Raya yang merupakan wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek. Bandung kerap kali disebut sebagai Kota Kembang, sebab pada zaman dahulu kota ini memiliki banyak pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh disana. Kota Bandung memiliki luas sekitar 167,7 km.


4. Bekasi (2.381.053 Penduduk)


Bekasi merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di wilayah metropolitan Jabodetabek, tidak heran karena Kota Bekasi berbatasan langsung dengan Kota Jakarta yang merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia. Bekasi sendiri memiliki luas wilayah sebesar 210,49 km.


3. Medan (2.465.469 Penduduk)


Medan adalah kota terbesar dan dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera. Medan juga merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan berbatasan langsung dengan selat malaka, dimana jika kita menyebrangi selat malaka akan langsung menuju ke Negara Malaysia, maka dari itu medan terkenal sebagai kota perdagangan, industri dan bisnis. Agar populasi Kota Medan tidak terlalu padat, sebab luas Kota Medan hanya 265,10 km maka di bentuklah sebuah wilayah metropolitan Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo) yang saat ini telah menjadi urat nadi perekonomian Indonesia Bagian Barat. Mebidangro sendiri memiliki luas sebesar 2.718,91 km dengan total penduduk sebanyak 5.189.241 jiwa.


2. Surabaya (2.805.906 Penduduk)


Kota yang terkenal dengan Jembatan Suramadu nya ini merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 350,54 km ini Surabaya merupakan kota terpadat di Jawa Timur. Maka dari itu dibentuklah wilayah metropolitan Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) yang memiliki luas wilayah sebesar 5.952,86 km dengan total jumlah penduduk mencapai 10.818.385 jiwa.


1. Jakarta (10.199.700 Penduduk)


Jakarta merupakan Ibukota Negara tercinta kita ini yaitu Republik Indonesia sekaligus merupakan Kota terbesar di Indonesia. Kota yang memiliki luas daratan 661,52 km ini bahkan memiliki kepadatan 15.052,84 orang tiap km nya. Pada tahun 1977, pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan kota/kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jakarta, yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sebagai wilayah penyangga kota Jakarta. Hal ini disebabkan karena terlalu padatnya kota Jakarta untuk menampung semua aktivitas pemerintahan, pedagangan dan industri, sehingga terbentuklah wilayah metropolitan Jabodetabek yang kita kenal saat ini. Luas metropolitan Jabodetabek ini yaitu 7.604,6 km dengan jumlah penduduk sebanyak 28 juta orang sehingga wilayah ini merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ke dua di dunia setelah metropolitan Tokyo di Jepang. Dan asal kalian tahu, Negara tetangga kita yaitu Singapura bahkan memiliki jumlah penduduk hanya setengah dari total penduduk Jakarta, itupun sebagiannya warga asing, padahal dari segi luas wilayah Jakarta dan Singapura tidak berbeda jauh.


EmoticonEmoticon