Thursday, July 5, 2018

Cara Memperbaiki Baterai HP Atau Android Yang Cepat Habis


Di era modern saat ini, HP sudah seperti barang yang wajib untuk dimiliki setiap orang, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua di dunia ini hampir semuanya memiliki HP, bahkan tak jarang saat ini anak-anak yang masih bersekolah dasar pun telah dibelikan orang tua nya HP.

HP paling banyak digemari sebab benda ini tidak hanya bisa digunakan sebagai alat berkomunikasi, namun dapat juga digunakan sebagai sarana hiburan disaat sedang merasa bosan dengan tinggal membuka browser, games, aplikasi sosmed, youtube, dan masih banyak lagi. Dengan adanya HP, kita juga bisa berkomunikasi langsung ke sahabat, keluarga, atau sanak saudara lain yang terpaut jarak cukup jauh bahkan diluar negeri sekalipun tanpa kita harus berkunjung kesana terlebih dahulu hanya cukup dengan menelpon mereka, kirim sms, chat melalui sosmed, melakukan video call, dan sebagainya.

Dengan banyaknya manfaat HP tersebut, tak jarang banyak masyarakat mencari tahu bagaimana cara agar daya tahan HP bisa bertahan lama, apalagi ketika kita mau liburan atau malakukan pekerjaan keluar kota dimana jarang ditemui tempat colokan listrik buat mengecas hp.

Sebenarnya banyak sekali faktor kenapa baterai HP anda cepat habis, mulai dari penggunaan aplikasi yang berlebihan (misal anda sedang buka aplikasi sosmed, terus anda ingin membuka aplikasi youtube namun aplikasi sebelumnya tidak anda close, inilah yang menyebabkan HP anda cepat panas sehingga baterai HP anda cepat sekali habis), selain itu faktor penggunaan intensitas cahaya yang berlebihan, sering mengecas HP menggunakan charge yang berbeda dengan tipe smartphone anda, sering bermain games tanpa ingat waktu, dan masih banyak sekali faktor-faktor lainnya.

Maka dari itu disini kami akan memberikan tips cara memperbaiki baterai HP atau android yang cepat habis :

1. Matikan Fitur-fitur yang sedang tidak anda gunakan saat ini, antara lain bluetooth, wifi, hotspot seluler dan sebagainya, terkhusus untuk hotspot seluler sebenarnya inilah fitur yang paling banyak memakan penggunaan baterai hp setelah games, maka dari itu ketika anda telah selesai tethering, jangan lupa untuk segera mematikan hotspot seluler anda.

2. Atur intensitas penggunaan cahaya atau tingkat kecerahan smartphone anda. Ketika anda sedang berpergian keluar rumah, anda pasti sering kali meningkatkan tingkat kecerahan smartphone anda, apalagi ketika berpergian keluar dibawah sinar matahari yang terik. tentunya dengan penggunaan fitur tersebut membuat anda tetap bisa melihat apa saja yang sedang tampil dilayar smartphone anda. Namun ketika anda sedang berada dirumah, dimalam hari atau di tempat yang redup, usahakan segera meminimalkan intensitas penggunaan cahaya smartphone anda agar daya tahan baterai HP anda tidak cepat habis, selain itu dengan tingkat kecerahan smartphone yang rendah, tentunya dapat mengurangi rasa perih dimata ketika sedang menggunakan smartphone.

3. Vibrasi getar pada smartphone anda juga sebenarnya memakan cukup banyak daya baterai HP anda, maka dari itu segera nonaktifkan apabila fitur tersebut tidak anda perlukan. Namun jika anda merasa perlu untuk menggunakan fitur tersebut, setting saja aplikasi mana yang kira-kira membutuhkan notifikasi getar.

4. Usahakan jangan memakai walpaper / screen saver bergerak, gunakan saja gambar dengan format jpg/png

5. Jauhi penggunaan HP dibawah paparan suhu yang tinggi atau dibawah terik sinar matahari, ini juga bisa menyebabkan baterai HP anda cepat kembung.

6. Segera matikan fitur auto synchronization dan auto update, contoh auto update pada playstore.

7. Sesering mungkin menggunakan fitur power save mode yang telah disediakan di samrphone anda.

8. Atur layar kunci anda, misal setting layar kunci otomatis terkunci ketika tidak ada aktifitas apapun setelah 10 detik, agar ketika anda lupa menekan tombol kuci layar, maka setelah 10 detik HP anda akan otomatis terkunci

9. Seperti pada paragraf sebelumnya, usahakan jangan menggunakan charge yang berbeda dari merk smartphone anda

Oke baiklah mungkin itu saja 9 tips dari saya agar Baterai HP anda bisa lebih awet / daya tahan baterai HP anda tidak cepat habis. semoga bermanfaat ^_^

2 komentar

Wah thanks gan infonya sekarang batre ane jadi lebih irit makasih gan

Ini nih yang aku cari, baterai slalu cepat habis padahal ga kepake :3

thanks ya artikelnya jadi bisa tau cara biar ga boros baterai


EmoticonEmoticon