Friday, July 13, 2018

Cara Mengatasi Adsense Yang Terkena Bom Klik


Bom klik merupakan tindakan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang dengan mengklik iklan adsense pada suatu blog/situs secara terus menerus. Kebanyakan tujuan seseorang melakukan bom klik supaya publisher adsense yang menjadi korban dapat segera di banned oleh google agar tidak bisa menayangkan iklan kembali didalam blog/situs nya.

Ada banyak hal kenapa seseorang melakukan tindakan yang sangat tidak terpuji tersebut, karena secara tidak langsung dia telah melakukan dosa besar yaitu memutus rezeki orang lain. Salah satunya mungkin orang tersebut baru saja terkena banned sehingga ia merasa kesal lalu menuangkan kekesalan tersebut kepada orang lain. Kedua, orang tersebut hanya sekedar iseng saja mengklik beberapa iklan tanpa mengetahui dampak apa yang akan dirasakan oleh publisher adsense pemilik blog/situs tersebut. Ketiga, mungkin orang tersebut sedang tertimpa masalah di real life dan dia ingin mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut dan akhirnya mampir ke blog anda, namun sayangnya informasi yang dia ingin dapatkan malah tidak sesuai dengan yang dia harapkan, sehingga ia merasa jengkel dan terjadilah bom klik hehehe. Keempat, bisa jadi anda terlalu banyak melakukan spam secara berlebihan kebanyak grup/halaman/sejenisnya di berbagai sosial media, sehingga membuat orang lain yang melihatnya merasa risih, sehingga ia kemudian melakukan bom klik. dan yang kelima, mungkin anda sedang mempunyai masalah dengan publisher adsense lain yang belum anda selesaikan, coba diingat-ingat kembali apakah anda pernah berbuat kesalahan ke beberapa publisher adsense.

Jika anda telah terkena bom klik, yang harus anda lakukan yaitu tetap tenang dan tahan emosi sebisa mungkin, jangan buang-buang waktu anda untuk mengutarakan kekesalan anda dengan membuat postingan dengan bahasa yang kasar di sosial media anda. Itu tentu saja tidak akan membantu masalah yang sedang anda hadapi. Justru dengan melakukan hal tersebut anda hanya membuang-buang waktu saja, sebab akun adsense yang terkena bom klik jika tidak segera diatasi sesegera mungkin, umur akun adsense anda tidak akan bertahan lama, google tanpa ampun tidak segan-segan membanned akun adsense anda secara permanen. Maka dari itu silahkan ikuti hal-hal apa saja yang harus anda lakukan ketika anda tahu akun adsense anda terkena bom klik oleh seseorang :


1. Silahkan anda buka situs https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact , lalu isi semua kolom-kolom yang tersedia, saya sarankan gunakan bahasa inggris agar google dapat merespon secara cepat terkait akun adsense anda yang terkena bom klik, jika anda bingung cara mengisinya dalam bahasa inggris, silahkan anda buka link Cara Melaporkan Bom Klik Adsense


2. Buka dasbor adsense anda dan lihat apakah RKT adsense anda telah turun atau belum, biasanya setelah anda melapor ke google, butuh waktu sekitar 20 menit google mengembalikan jumlah klik dan rkt akun adsense anda ke sedia kala (sebelum terkena bom klik). Sebagai contoh, screenshot dibawah ini adalah akun adsense saya sendiri ketika sebelum dan sesudah melaporkan aktivitas bom klik ke google.


Pada screenshot diatas anda bisa lihat jumlah klik saya sebelumnya yaitu 20 klik turun menjadi 10 klik, otomatis RKT juga ikut turun dari yang awalnya 133,3% menjadi 62,5%. Kalian mungkin berfikir bukannya RKT 62,5% juga termasuk tidak aman? yups itu benar sekali, RKT yang aman itu harus dibawah 10% tidak boleh lebih, namun saya sarankan sebisa mungkin RKT harian anda kalau bisa stabil dibawah 4% agar akun adsense anda bisa awet tahan lama. Kenapa saya malah share gambar after pas RKT masih 62,5% ? jawabannya karena setelah saya melapor ke google, saya langsung buru-buru mengecek dasbor adsense saya tanpa menunggu sekitar 20 menit dulu. Ketika tahu RKT saya turun, langsung saya buru-buru screenshot dan malah lupa screenshot kembali RKT terakhir setelah 20 menit. Seingat saya kalau ga salah setelah 20 menit RKT saya turun drastis ke angka 3% an, sebab jumlah klik yang muncul hanya 1 dari total 20 jumlah bom klik yang sebelumnya terjadi pada akun adsense saya.


3. Silahkan anda melakukan blogwalking kebeberapa teman blogger yang telah benar-benar anda kenal sifatnya. Hal ini sebenarnya tidak harus anda lakukan jika RKT anda sekarang telah dibawah 10%, namun jika dalam 20 menit atau bahkan lebih dari 1 jam RKT anda masih diatas 10% setelah anda melapor aktivitas bom klik ke google, anda perlu melakukan hal ini sesegera mungkin agar RKT anda masuk kategori aman walaupun turunnya secara perlahan-lahan.


4. Setelah anda melakukan semua hal diatas, silahkan anda pasang script anti bom klik adsense pada blog yang telah anda kaitkan ke akun adsense anda. Untuk lebih jelasnya silahkan anda buka Cara Memasang Script Anti Bom Klik Adsense 


Cukup sekian artikel mengenai cara mengatasi adsense yang terkena bom klik. Oh ya artikel ini merupakan pengalaman yang pernah saya rasakan sendiri tepatnya beberapa hari sebelum lebaran idul fitri 1439 H yang jatuh pada tahun 2018. Dan alhamdulillah setelah saya melakukan cara diatas, akun adsense saya untuk saat ini masih aman-aman saja. Saya akhiri Wassalamuallaikum Wr. Wb. Semoga bermanfaat ^_^


EmoticonEmoticon