Wednesday, June 6, 2018

7 Misteri Terbesar yang Belum Pernah Terpecahkan

Ada begitu banyak misteri yang belum terpecahkan dalam kehidupan, meski ilmu pengetahuan dan teknologi sudah jauh berkembang pesat pada saat ini. Banyak Misteri yang sulit untuk dijelaskan secara logis, setidaknya kita harus puas dengan teori atau spesikulasi yang ada sampai teka-teki misteri tersebut berhasil dipecahkan. Dilansir dari laman list25.com (15/05/2018) berikut daftarnya:


1. Aluminium Wedge of Aiud


Pada tahun 1974, sekelompok pekerja di Rumania menemukan tiga objek yang berbeda dukedalaman 10 meter di dalam parit pasir. Dua benda dari tiga objek itu adalah tulang gajah prasejarah yang sudah berumur sekitar 2,5 juta tahun. Yang menjadi misteri adalah objek ketiga berupa ganjalan aluminium yang ditemukan bersamaan dengan tulang gajah prasejarah. Penemuan ini mengejutkan sebagian besar peneliti, karena aluminium sulit dibuat bahkan dengan standar pada abad ke-19.


2. SS Ourang Medan


Apa yang terjadi pada SS Ourang Medan mungkin adalah salah satu misteri yang paling menarik dan membingungkan yang pernah ada dalam sejarah pelayaran. Sebenernya SS Ourang Medan merupakan kapal kargo milik Belanda. Pada bulan Juni 1947, dua kapal Amerika bernama SS City of Baltimore dan SS Silver Star yang sedang melintas di selat Malaka mendapat pesan SOS dari sumber yang tidak dikenal. Pesan tersebut berbunyi:

“Semua petugas termasuk kapten sudah mati, tergeletak di beberapa ruangan dan anjungan kapal. Mungkin seluruh kru sudah mati.”

Setelah itu, SS Citu of Baltimore dan SS Silver Star menerima rangakaian kode morse yang sulit dibaca. Sampai akhirnya muncul pesan singkat mengerikan yang berisi “Aku mati”. Setelah melacak sumber panggilan tersebut, mereka menyimpulkan bahwa pesan-pesan tersebut berasal dari SS Ourang Medan yang juga sedang berada di Selat Malaka.

Karena jarak SS Silver Star paling dekat dengan dugaan lokasi SS Ourang Medan, maka kapal tersebutlah yang diutus untuk menyelidiki kondisi kapal SS Ourang Medan. Saat menggeledah SS Ourang Medan, kru SS Silver Star menemukan mayat bergelimpangan di geladak kapal. Sisa-sisa tubuh kapten ditemukan di bagian anjungan. Menurut laporan, semua mayat mati dengan ekspresi ketakutan dan mata terbelalak. Kru SS Silver Star tidak menemukan bukti jelas tentang kematian awak SS Ourang Medan. Saat mereka hendak menarik dan membawa kapal Belanda tersebut kembali ke pelabuhan, mendadak muncul ombak yang dahsyat dan terlihat asap mengepul dari dek bawah kapal SS Ourang Medan. Untungnya, kru SS Silver Star berhasil keluar dan sudah kembali ke kapal ketika SS Ourang Medan meledak dengan kekuatan tinggi.

Banyak yang berspekulasi seperti bahwa kapal tersebut membawa bahan kimia berbahaya, terjadinya kebocoran dalam mesin uap kapal SS Ourang Medan sehingga seluruh awak kapal keracunan karbon monoksida yang berujung dengan ledakan, kematian awak kapal karena ulah alien dan spekulasi terakhir yaitu kapal tersebut merupakan kapal hantu karena saat petugas mencari dokumen mengenai adanya kapal kargo dengan nama SS Ourang Medan, mereka tidak menemukan apapun.


3. Nazca Geoglyphs


Nazca Geoglyphs atau garis Nazca adalah serangkaian geoglyphs kuno yang terletak di Gurun Nazca Peru selatan. Ratusan desain individu berkisar dalam kompleksitas dari garis sederhana sampai desain tertentu seperti hummingbirds (burung), laba-laba, monyet, ikan, hiu, paus, kadal dan lainnya.


Yang menjadi misteri bagaimana peradaban pada masa itu dapat membuat garis dengan komposisi yang tepat dan apa tujuan atau guna garis tersebut dibuat.


4. Kaki Terpotong di Pantai Inggris, Kolombia


Ditemukan kaki yang terpotong masih berada dalam sepatu di pantai British Columbia, anehnya semua potongan kaki tersebut berada di dalam sepatu jenis running shoes. Banyak teori yang menyebutkan kalau kaki tersebut milik orang-orang yang diserang oleh hiu. Namun, anehnya bagaimana orang-orang tersebut bisa diserang, tidak mungkin mereka berselancar dengan menggunakan sepatu atau jatuh dari kapal karena sejauh penyelidikan tidak ada informasi orang yang hilang atau jatuh dari kapal. Atau mereka berada di tepi pantai lalu disering hiu. Teori yang terakhir sangat mustahil karena tidak ada saksi yang melihat, selain itu tidak ada orang yang akan berjalan-jalan atau masuk ke air dengan masih menggunakan sepatu.


5. Bigfoot


Juga dikenal sebagai Sasquatch, bigfoot diduga makhluk yang hidup di daerah pegunungan bersalju di Amerika Serikat dan Kanada. Pada awalnya, mungkin diidentifikasi sebagai gorila, tetapi postur berjalannya terlihat seperti posisi berjalan pria dewasa.


6. Georgia Guidestones


Guidestones Georgia yang terletak di Elbert County, hingga hari ini tidak ada yang tahu siapa pendiri monumen misterius ini. Monumen ini berdiri di tahun 1979, dibangun oleh orang atau mungkin sekelompok orang yang tidak dikenal, di Georgia Amerika Serikat. Dalam monumen ini terukir pesan yang ditulis dalam 8 bahasa, yaitu Inggris, Swahili, Hindi, Ibrani, Arab, Cina, Rusia, dan Spanyol. Inti pesan ini adalah, pentingnya pengurangan jumlah populasi penduduk dunia menjadi 500 juta orang saja. Tidak ada yang tahu mengapa dan untuk siapa tulisan tersebut dibuat.


7. Kryptos


Tepat di luar markas CIA di Langley, Virginia, ada sebuah monumen dengan ukiran enkripsi kode di permukaannya. Monumen tersebut diciptakan oleh Jim Sanborn ditujukan untuk semua orang yang dapat memecahkan kode tersebut.


Monumen ini terdiri dari empat bagian, tiga dari empat bagian tersebut telah berhasil dipecahkan. Namun, bagian keempat masih menjadi misteri hingga kini. Bahkan orang-orang cerdas di CIA pun tidak mampu memecahlannya.


EmoticonEmoticon