Friday, March 23, 2018

Cara Menggunakan Safe Mode di Windows 7

Memulai Windows 7 di Safe Mode adalah langkah awal yang sangat baik saat memulai Windows secara normal tidak mungkin dilakukan. Safe Mode hanya memulai proses Windows 7 yang paling penting, jadi tergantung pada masalah yang Anda hadapi, Anda mungkin bisa memecahkan masalah atau memperbaiki masalah dari sini.

Step 1 Tekan F8 Sebelum Layar Windows 7 Splash


Untuk mulai memasuki Windows 7 Safe Mode, hidupkan atau mulai ulang PC Anda. Tepat sebelum layar splash Windows 7 yang ditunjukkan di sini muncul, tekan tombol F8 untuk masuk ke Opsi Boot Lanjutan.

  
Step 2 Pilih Opsi Windows Safe Mode




Anda sekarang harus melihat layar Advanced Boot Options. Jika tidak, Anda mungkin telah melewatkan kesempatan singkat untuk menekan F8 pada langkah sebelumnya dan Windows 7 mungkin sekarang terus melakukan booting normal, dengan asumsi bisa melakukannya. Jika ini masalahnya, cukup hidupkan ulang komputer Anda dan coba tekan F8 lagi. 
Di sini Anda disajikan dengan tiga variasi Windows 7 Safe Mode yang dapat Anda masukkan: 
Safe Mode - Ini adalah opsi default dan biasanya merupakan pilihan terbaik. Mode ini hanya akan memuat proses minimum absolut yang diperlukan untuk memulai Windows 7.
Safe Mode with Networking - Pilihan ini memuat proses yang sama seperti Safe Mode namun juga termasuk yang memungkinkan fungsi jaringan pada Windows 7 untuk bekerja. Anda harus memilih opsi ini jika Anda berpikir Anda mungkin perlu mengakses internet atau jaringan lokal Anda saat memecahkan masalah dalam Mode Aman.
Safe Mode dengan Command Prompt - Versi Safe Mode ini juga memuat sekumpulan proses minimum namun memulai Command Prompt dan bukan Windows Explorer, antarmuka pengguna biasa. Ini adalah opsi yang berharga jika opsi Safe Mode tidak berfungsi.


Dengan menggunakan tombol panah pada keyboard Anda, sorotlah Safe Mode, Safe Mode with Networking, atau Safe Mode dengan opsi Command Prompt dan tekan Enter.



Step 3 Tunggu Windows 7 File Selesai Loading


File sistem minimum yang diperlukan untuk menjalankan Windows 7 sekarang akan dimuat. Setiap file yang sedang dimuat akan ditampilkan di layar.

Catatan: Anda tidak perlu melakukan apapun di sini, tapi layar ini bisa memberi tempat yang baik untuk memulai pemecahan masalah jika komputer Anda mengalami masalah yang sangat serius dan Safe Mode tidak akan sepenuhnya dimuat. Jika Safe Mode membeku di sini, dokumentasikan file Windows 7 terakhir yang dimuat dan kemudian cari Lifewire atau internet lainnya untuk saran pemecahan masalah. 



Step 4 Login dengan Akun Administrator





Untuk menjalankan Windows 7 di Safe Mode, Anda harus log masuk dengan akun yang memiliki izin administrator.


Catatan: Jika Anda tidak yakin apakah akun pribadi Anda memiliki hak administrator, logon menggunakan akun Anda sendiri dan lihat apakah itu berhasil. 


Step 5 Membuat Perubahan yang Diperlukan di Windows 7 Safe Mode 


Masuk ke Mode Aman Windows 7 sekarang harus selesai. Buat perubahan yang perlu dilakukan dan kemudian restart komputer. Dengan asumsi tidak ada masalah yang tersisa mencegahnya, komputer harus boot ke Windows 7 biasanya setelah restart.


Catatan: Seperti yang dapat Anda lihat di tangkapan layar di atas, sangat mudah untuk mengidentifikasi apakah komputer Windows 7 berada dalam Mode Aman. Teks "Safe Mode" akan selalu muncul di setiap sudut layar ketika dalam mode diagnostik khusus Windows 7 ini.


EmoticonEmoticon