Tuesday, August 14, 2018

Sejarah Glory Glory Tottenham Hotspur


Berhubung saya merupakan fans berat salah satu klub raksasa Liga Inggris yaitu Tottenham Hotspur. Tidak apa-apa ya sekali-kali saya memposting tentang bola :D. Oke topik sepak bola yang dibahas kali ini yaitu lagu Glory Glory Tottenham Hotspur yang mungkin kalian kira itu adalah lagu milik Manchester United yang dijiplak oleh Spurs.

Baiklah saya akan jelaskan, sebenarnya lagu/chant Glory Glory Tottenham Hotspur ini diadaptasi dari lagu gereja yang populer di Amerika Serikat yang berjudul "Glory Glory" atau biasa dikenal dengan "Since Lay My Burden Down" dan "Glory Glory Hallelujah".

Nah klub yang pertama kali memakai lagu ini sebagai lagu tim kebanggaan yaitu Hibernian FC, klub yang bermarkas di Edinburgh, Skotlandia. Mereka merilis theme song tersebut diadaptasi dari lagu yang berjudul The Hymn of Republic: Glory Glory To The Hibees.
Namun sayangnya saat itu theme song mereka tidak begitu populer di kalangan publik sepakbola, sampai pada awal tahun 1960, Tottenham Hotspur merilis lagu Glory Glory Tottenham Hotspur. Seketika lagu ini pun menjadi terkenal di seluruh wilayah Inggris, sebab diakhir musim 1960 tersebut Tottenham Hotspurs berhasil meraih 2 piala sekaligus yaitu juara Liga Inggris dan FA Cup. Nah selama tahun itu juga lagu Glory Glory Tottenham Hotspur selalu dinyanyikan dari terrace stand baik home maupun away.


Pada tahun 1968, Leeds United mengikuti jejak Tottenham Hotspurs dengan merilis lagu Glory Glory Leeds United sebagai lagu kebangsaan mereka seiring suksesnya menjuarai League Cup &  Inter-Cities Fairs Cup (sekarang berubah menjadi Europa League).

Manchester United baru merilis single berjudul Glory Glory Manchester United sebelum final FA Cup 1983. Lirik lagu tersebut ditulis oleh Frank Renshaw, personil band Herman's Hermits. Karena mendapat sambutan hangat dari para fans MU, klub pun akhirnya menjadikan lagu tersebut sebagai theme song United sampai sekarang.

Oke sekian penjelasan singkat mengenai lagu Glory Glory Tottenham Hotspur dari saya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung ^_^


EmoticonEmoticon